Gaya Hidup

Jenis Kepribadian dan Tes Kepribadian

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Dengan beragamnya kepribadian yang ada, tentunya sebagai sesama manusia kita juga harus memiliki sifat toleransi untuk menghormati setiap kepribadian dari manusia. Kepribadian manusia bisa diketahui dengan menggunakan tes kepribadian. Selain dengan tes tersebut, kepribadian manusia juga bisa dilihat dari beberapa faktor.

Faktor-Faktor Untuk Mengetahui Kepribadian Seseorang

Ada beberapa faktor yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui kepribadian seseorang :

  1. Cara Berinteraksi

Kamu bisa memperhatikan bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain untuk bisa mengetahui kepribadiannya.

  1. Cara Berpikir

Kamu bisa mengajak seseorang untuk berdiskusi dan memahami cara berpikirnya untuk bisa mengetahui kepribadian dari orang tersebut.

  1. Cara Bertindak

Kamu bisa memperhatikan bagaimana seseorang bertindak dalam berbagai situasi untuk mengetahui kepribadian dari orang tersebut.

  1. Cara Merespons

Kamu bisa memperhatikan bagaimana seseorang merespons atau bereaksi terhadap suatu hal untuk mengetahui kepribadian dari orang tersebut.

Itulah beberapa faktor yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui kepribadian dari seseorang. Keempat faktor tersebut mungkin belum tentu akurat, namun setidaknya kamu bisa melihat kepribadian seseorang dalam waktu yang cukup singkat. Untuk mengetahui kepribadian seseorang dengan lebih akurat, maka diperlukan tes kepribadian. Selanjutnya mari kita pahami beberapa kepribadian dari manusia menurut ilmu psikologi.

Macam-Macam Kepribadian Manusia

Ada beberapa macam kepribadian dari manusia :

  1. Peacemaker

Kepribadian yang pertama adalah peacemaker. Peacemaker adalah orang yang suka dengan kedamaian dan berusaha keras untuk menghindari pertikaian atau hal-hal yang dapat merusak perdamaian.

  1. Leader

Kepribadian yang kedua adalah leader. Leader adalah orang yang memiliki sifat alami dari seseorang pemimpin seperti percaya diri, memiliki kharisma, optimis, selalu bersemangat, dan memiliki pengaruh di lingkungannya.

  1. Thinker

Kepribadian yang ketiga adalah thinker. Thinker adalah orang yang pada dasarnya sangat suka dengan ilmu pengetahuan. Jadi Thinker sangat suka dengan berbagai hal yang ada kaitannya dengan ilmu pengetahuan seperti belajar, diskusi, dan lain sebagainya.

  1. Pessimist

Kepribadian yang keempat adalah pessimist. Pessimist adalah orang yang selalu pesimis walaupun sebenarnya dia sudah bekerja keras.

  1. Individualist

Kepribadian yang kelima adalah individualist. Individualist adalah orang yang sebenarnya memiliki kemampuan dan cara berpikir yang baik namun lebih berorientasi pada diri sendiri.

  1. Achiever

Kepribadian yang keenam adalah achiever. Achiever adalah orang yang mengedepankan pencapaian atau tujuan tertentu dalam kehidupannya. Achiever bisa dikatakan merupakan tipe orang yang ambisius untuk mengejar tujuan atau pencapaian tertentu.

  1. Helper

Kepribadian yang ketujuh adalah helper. Helper adalah orang yang memiliki rasa empati tinggi terhadap orang-orang di sekitarnya. Helper sering sekali membantu orang lain tanpa mengharapkan apapun.

  1. Reformer

Kepribadian yang kedelapan adalah reformer. Reformer adalah orang yang memiliki idealisme kuat dalam menjalani kehidupannya. Reformer mempunyai prinsip sendiri yang dipercaya lebih baik daripada prinsip lain yang berlaku di lingkungannya.

  1. Introvert

Kepribadian yang kesembilan adalah introvert. Introvert adalah orang yang lebih suka menyendiri dan hanya fokus terhadap apa yang terjadi pada dirinya sendiri. Introvert biasanya sangat sulit untuk bersosialisasi dengan orang-orang di sekitarnya.

  • Ekstrovert

Kepribadian yang kesepuluh adalah ekstrovert. Ekstrovert adalah orang yang lebih suka untuk berinteraksi dengan orang lain. Ekstrovert bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dalam kehidupannya.

Itulah beberapa kepribadian manusia menurut ilmu psikologi. Tentunya kamu sekarang sudah paham mengenai beberapa kepribadian manusia dan kamu bisa mencocokkannya dengan orang-orang yang ada di sekitar kamu. Untuk mengetahui kepribadian dengan akurat perlu dilakukan tes kepribadian.