Herbal

8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis rempah-rempah yang biasa kita gunakan untuk memasak. Bawang putih yang memiliki aroma yang cukup menyengat ini menjadi bumbu utama bagi beberapa jenis masakan seperti sup, aneka olahan chinese food, dan juga beberapa jenis masakan lainnya. Tetapi tidak hanya membuat masakan Anda menjadi lebih lezat, bawang putih juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan baik yang dikonsumsi matang ataupun mentah. Terapi bawang putih ini perlu Anda coba untuk menjaga kesehatan secara alami.

Menstabilkan Kadar Kolesterol

Berbagai jenis makanan seperti jeroan, durian, dan juga beberapa jenis seafood memang mengandung kolesterol yang cukup berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Namun, jika Anda melakukan terapi bawang putih, maka Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kenaikan kadar kolesterol. Berdasarkan penelitian medis, bawang putih sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kadar kolesterol baik pada tubuh Anda. Terapi bawang putih untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh bisa Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari sebanyak 10 gram selama kurang lebih 40 hari.

Mengatasi Rambut Rontok

Bosan menghadapi serpihan-serpihan rambut yang jatuh ke lantai akibat rambut rontok? Atau merasa tidak percaya diri karena sudah mulai mengalami kebotakan? Bagi sebagian orang masalah rambut rontok memang menjadi momok yang sangat menakutkan. Karena rambut adalah mahkota alami yang sangat mempengaruhi penampilan Anda. berbagai upaya memang bisa kita lakukan untuk mencegah atau mengobati rambut rontok, namun obat-obatan kimia tentunya tidak 100 persen direkomendasikan untuk digunakan terus menerus. Bagi Anda yang ingin mencegah dan mengatasi rambut rontok, Anda bisa menggunakan cara alami yaitu dengan mengoles-oleskan irisan bawang putih pada kulit kepala yang sudah secara rutin. Setelah Anda melakukan hal tersebut, diamkan selama beberapa menit kemudian keramas.

Menjaga Kesehatan Otak

Dalam satu butir bawang putih mengandung antioksidan serta S-allyl-L-cysteine (SAC) yang mampu menjaga kesehatan otak Anda. Cara kerja kandungan pada bawang putih tersebut yang berguna untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan menghindarkan otak dari penumpukan plak serta zat-zat berbahaya yang bisa saja menyerang otak Anda. Tentunya dengan rutin melakukan terapi bawang putih, maka beberapa penyakit yang menyerang otak seperti dimensia dan alzheimer dapat dihindari.

Menurunkan Risiko Kanker

Selain mengandung zat antioksidan yang dapat mencegah diri Anda terserang alzheimer, bawang putih juga mengandung sulfur bioaktif yang bisa menghindarkan diri Anda dari risiko terserang penyakit kanker. Sebab, kandungan sulfur bioaktif dapat membuat sel-sel dalam tubuh Anda mengalami regenerasi dengan baik, membunuh sel-sel tubuh yang rusak, serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dan mencegah penyebarannya. Berdasarkan penelitian ilmiah, bawang putih yang dikonsumsi mentah dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara, kanker pankreas, serta kanker paru-paru.

Mengatasi Jerawat

Selian masalah rambut rontok, masalah berikutnya yang mengganggu penampilan adalah jerawat. Jerawat yang sering menyerang bagian wajah pada beberapa orang memang sangat mengganggu penampilan. Jerawat sering membuat penampilan menjadi tidak percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, cukup dengan menggunakan bawang putih, Anda bisa mengatasi jerawat yang membandel. Caranya adalah dengan mengoleskan irisan bawang putih pada bagian wajah yang berjerawat. Kandungan anti radang dan antibakteri pada bawang putih bisa membuat wajah Anda bersih dari jerawat.

Meredakan Batuk Dan Pilek

Di musim pancaroba seperti saat ini, cuaca memang sedang sangat tidak menentu. Terkadang siang hari sangat terik, namun di malam hari turun hujan yang dapat membuat tubuh Anda muda terserang berbagai penyakit. Terutama penyakit musiman seperti batuk dan flu. Bawang putih mentah sangat kaya akan allicin yang dapat memberikan Anda manfaat seperti antijamur, antimikroba, dan antivirus. Dengan berbagai zat anti tersebut, maka mikroorganisme yang menyebarkan virus dapat menyebabkan penyakit dapat pergi dari tubuh Anda. Jadi apabila Anda sudah merasa lemah atau mengalami gejala batuk dan flu, maka sebaiknya segera melakukan terapi bawang putih dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah setiap hari.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Salah satu penyebab penyakit jantung adalah karena penumpukan plak yang ada di daerah arteri koroner. Berdasarkan penelitian ilmiah, rutin mengonsumsi bawang putih mentah dapat menghindari terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah arteri yang memiliki fungsi untuk memompa darah ke jantung. Tentunya hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Jantung Anda akan tetap sehat dengan rutin mengonsumsi bawang putih mentah.

Mengendalikan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka terapi bawang putih sangat dianjurkan untuk Anda. Rutin mengonsumsi bawang putih mentah selama 3 bulan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena pembuluh darah akan lebih lebar sehingga tekanan darah tidak terlalu besar.