Gaya Hidup

Cara Berhitung Cepat dengan Kalculator

Pelajaran matematika mengenalkan kita dalam hitungan persen. Hitungan persen tidak hanya digunakan dalam soal-soal matematika saja, namun untuk urusan bisnis. Dalam bisnis, hitungan persen untuk menghitung untung dan rugi.

Metode menggunakan hitungan persen akan lebih akurat dan lebih mudah dilakukan dalam urusan bisnis. Rumus ini sudah pasti dan bisa menghasilkan angka yang pasti pula. Untuk cara menghitung persen bukanlah hal yang sulit. Apalagi ini adalah pelajaran yang kita dapatkan sejak sekolah. Namun kini hitungan persen juga banyak ditemukan di supermarket untuk menarik banyak konsumen.

Hitungan Persen dalam Bisnis

Ada banyak cara pedagang menarik konsumen. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon yang besar. Diskon biasanya dalam bentuk persentase dan dipajang dengan tulisan sangat besar. Anda bisa menemukan tulisan diskon dengan persentase besar di supermarket dan mall. Diskon ini akan menarik banyak konsumen.

Mengapa? Karena konsumen tergiur dengan tingginya angka diskon. Namun masih banyak orang yang masih belum paham cara menghitung diskon yang benar. Untuk menghitung diskon yang benar, Anda harus memahami dulu cara menghitung persen. Karena kadang kala ada diskon yang justru merugikan konsumen. Apalagi jika konsumen gegabah dan tidak membaca syarat dan ketentuan diskon.

Sebagai contoh di mall ada tulisan “Diskon Up To 70%” yang Anda pikirkan adalah harga akan dipotong 70%. Misalnya harga barang 500.000 maka Anda harus menghitung 70% dari 500.000. Hasilnya 350.000. tetapi bukan itu jumlah yang harus Anda bayar. Melainkan 500.000-350.000 menjadi 150.000.

Banyak yang masih salah kaprah tentang diskon dan salah menghitungnya. Diatas merupakan contoh menghitung diskon yang benar. Jadi jangan sampai salah dan merugikan Anda.

Menghitung Persen Dengan Kalkulator

Bagi seorang pelajar, hitungan persentase akan selalu muncul di soal matematika. Maka kita harus memahami betul dasar rumus persentase ini. Meskipun mudah, namun ada beberapa soal matematika yang membutuhkan rumus persentase yang lebih rumit.

Tapi Anda tidak perlu menghitung secara manual, karena dalam kalkulator sudah disediakan cara menghitung persen dengan cepat. Lalu jenis kalkulator apa saja yang bisa pelajar miliki agar bisa menghitung persentase dengan mudah? Berikut daftar jenis kalkulator yang bisa Anda miliki:

  1. Kalkulator Ilmiah

Kalkulator ini memiliki sistem operasi dan perhitungan matematika yang sangat lengkap. Kalkulator jenis ini memiliki berbagai macam fungsi.

Kalkulator ilmiah bisa digunakan untuk menghitung statistik, analisis, konversi termasuk menghitung persentase. Banyak pelajar yang menggunakan kalkulator ilmiah untuk menghitung matematika yang rumit.

  1. Kalkulator Dasar

Kalkulator ini sering kita temui di warung-warung. Khususnya bagi Anda yang memilik bisnis, tidak perlu membeli kalkulator mahal.

Cukup beli kalkulator dasar karena fungsinya sudah banyak dan bisa menghitung persentase. Kalkulator jenis ini paling banyak digunakan oleh pedagang.

Karena mereka harus menghitung untung dan rugi menggunakan cara menghitung persen. Sehingga kalkulator ini cocok sekali dipakai.

  1. Kalkulator Printing

Kalkulator ini adalah inovasi dari kalkulator dasar. Bedanya kalkulator ini tidak hanya menampilkan hasil hitungan di layar. Namun bisa mencetaknya sekaligus.

Kalkulator ini jelas lebih mahal dari kalkulator biasa. Karena di dalamnya terdapat gulungan kertas yang bisa otomatis di cetak setelah perhitungan selesai.

Kalkulator ini akan mempermudah Anda jika memiliki bisnis dan ingin mengetahui cara menghitung persen. Mudah, cepat dan praktis. Jadi silahkan beli kalkulator sesuai dengan kebutuhan Anda.